Mengapa Fans Liga Premier Inggris Begitu Bergairah

Olahraga Sepak bola adalah salah satu olahraga penonton paling populer di dunia. Acara ini dihadiri oleh lebih dari tujuh puluh juta orang di seluruh dunia. EPL adalah tingkat internasional utama dari liga utama Inggris dan dibagi menjadi tiga divisi. Klub yang berpartisipasi bermain melawan tim lain dari liga yang sama di setiap tempat. Setiap tim memainkan satu pertandingan masing-masing melawan tim lain dan hasilnya menjadi klasemen.

EPL memiliki sejumlah perbedaan berbeda dari kompetisi berbasis piramida sepakbola lainnya. Berbeda dengan kompetisi lain yang memiliki tim tetap, Liga Premier terdiri dari campuran berbagai jenis klub. Faktor pembeda termasuk lokasi stadion, permukaan bermain dan bahkan partisipasi pendukung. Bahkan ada klub yang tidak mengikuti kompetisi. Ini adalah klub yang tidak bermain di liga utama.

Dibandingkan dengan liga lainnya, EPL memiliki format permainan yang unik yang memiliki pengaruh besar pada hasil pertandingan. Pertama, ada tahap draft dilanjutkan dengan penandatanganan free agent untuk pemain baru. Setelah ini selesai, para pemain kemudian dapat dimasukkan ke dalam tim mereka. Lalu ada babak playoff, di mana tim dengan kinerja tertinggi diundang untuk berpartisipasi.

Meskipun menjadi konsep asing di dunia berbahasa Inggris, EPL telah berhasil mengguncang piramida sepakbola seperti dalam forum syair hk. Berbeda dengan kompetisi lainnya, pengenalan Piala Super Eropa memiliki dampak yang signifikan terhadap sepakbola Inggris. Ini telah membawa banyak perubahan dan bahkan mendorong klub baru dan muda untuk menjadi besar. Tambahan terbaru untuk EPL adalah Piala Tantangan Eropa, yang diperkenalkan pada tahun 2021, menggantikan Piala Eropa yang sangat dicintai.

Dengan diperkenalkannya EPL dan kesuksesan selanjutnya, diperlukan ide baru untuk mempertahankan popularitas EPL di antara para pendukungnya. Jawabannya datang dalam bentuk klub bernama Open Cup. Ini tidak seperti piala premiership atau Piala FA. Piala Terbuka tidak lebih dari kompetisi antara klub liga yang lebih rendah yang ingin berpartisipasi di EPL. Ini memberi penggemar kesempatan untuk menonton pertandingan berkualitas tinggi tanpa membayar apa pun untuk tiket atau merchandise.

Meskipun Open Cup memang memberikan kesempatan kepada para penggemar untuk melihat pertandingan berkualitas baik, itu juga membawa gagasan bahwa sepak bola Inggris bisa menjadi seperti liga utama. Pemenang tahun itu, Watford, kemudian terdegradasi ke kasta kedua sepak bola Inggris. Ini menandai awal hingga akhir kebijakan pintu terbuka, yang masih dipatuhi sebagian besar penggemar Inggris hingga hari ini.

Langkah selanjutnya adalah membuat terobosan internasional ke seluruh Eropa. Ini dimungkinkan berkat penemuan saluran TV di hampir semua negara besar. Dengan adanya TV kabel di Jerman, Belanda, dan Italia, gagasan sepak bola Inggris menjadi bagian dari Eropa sekarang menjadi mungkin. Piala Dunia musim panas itu hanya memperkuat gagasan bahwa Inggris memang bisa bersaing dengan liga utama. Piala Dunia juga menandai awal dari tradisi lama pertandingan Eropa yang dimainkan pada Minggu malam.

Meskipun tanda-tanda awal penurunan musim Liga Premier Inggris, olahraga telah berhasil bertahan. Ada banyak alasan mengapa hal ini terjadi. Alasan pertama dan mungkin yang paling penting mengapa sepak bola Inggris bertahan begitu lama meskipun faktanya sebagian besar negaranya mengadakan kompetisi olahraga serupa adalah karena ia berhasil mengadopsi model operasi yang berbeda dibandingkan dengan para pesaingnya. Pengenalan industri e-commerce dan masuknya besar saluran TV telah menciptakan situasi di mana tidak perlu mengadaptasi model konvensional piramida sepak bola dan malah mempromosikan basis penggemar yang didasarkan pada kekuatan mereknya daripada nilai komersial timnya.